NEWS UPDATESOFT NEWS

Hindari Anak-anak Anda Jajan di Pinggir Jalan, Coba Ikuti Cara Ini!

×

Hindari Anak-anak Anda Jajan di Pinggir Jalan, Coba Ikuti Cara Ini!

Sebarkan artikel ini
FOTO: Anak-anak sekolah di salah satu SD di wilayah Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang sedang jajan di pinggir jalan.

ANEKA jajanan anak-anak yang dijajakan di kaki lima atau pinggir jalan memang sangat menggoda. Namun tahukan anda, banyak jajanan kaki lima yang sebenarnya tidak sehat. Baik dari segi kebersihan maupun kehigienisan. Karena makanan yang dijajakan di pinggir jalan rentan terhadap debu ataupun asap polusi. Belum lagi jika sang penjual menggunakan bahan-bahan yang tidak sehat.

Waduh! Lahan Dua SD di Cukanggalih Curug Diklaim Orang Mengaku Ahli Waris

Jadi, berhati-hatilah jajan di pinggir jalan, terutama buat anak-anak di sekolah. Risikonya, kebiasaan jajan sembarangan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada anak, diantaranya adalah kegemukan atau obesitas, kerusakan gigi dan rentan sakit. Selain itu, anak dapat berisiko menjadi hiperaktif dan pemilih makanan.

Nah, untuk menghindari agar anak-anak anda tudak jajan sembarangan, ada beberapa cara yang bisa menjadi referensi dalam memecahkan persoalan ini. Apa itu? Pertama orang tua harus telaten menyiapkan makanan yang sehat, serta memberikan contoh contoh kebiasaan makan yang baik sejak dini. Karena dengan cara ini, dapat menjauhkan si kecil dari efek buruk kebiasaan jajan sembarangan.

Ekowisata Mangrove Desa Pengarengan Jawi Tempat Wisata Baru di Cirebon

Berikut tips lengkap yang bisa dilkukan agar buah hati anda tidak memiliki kebiasaan buruk jajan sembarangan:

Beritahu mereka dengan bahasa yang menarik tentang bahaya jajan sembarangan. Beritahu pula contoh-contoh jajanan yang tidak sehat. Anda bisa menggunakan media buku ataupun video untuk menunjukkan efek buruk jajan sembarangan seperti gambar anak menjadi sakit perut, badannya terlalu gemuk, dan giginya rusak. Anda juga bisa memanfaatkan teknologi internet, melalui gadged atau media sosial. Tunjukkan pula contoh gambar jajanan yang tidak sehat seperti permen, es, dan keripik yang berwarna-warni. Karena ini bisa saja mengandung bahan pewarna dan pengawet yang berbahaya bagi tubuh. Jelaskan pula perbedaan makanan yang bersih dan tidak bersih serta jajanan yang sudah kadaluwarsa dan belum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *