NEWS UPDATESOFT NEWS

Susah Bangun Pagi? Baca Nich, Tips dan Manfaatnya!

×

Susah Bangun Pagi? Baca Nich, Tips dan Manfaatnya!

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI

MENURUT sejumlah penelitian, bangun pagi sangat bermanfaat baik bagi kesehatan fisik maupun kesehatan mental. “The first step to win yourself is wake up early,” kata Sukant Ratnakar, konsultan manajemen dan sekaligus CEO Quantraz Inc. Bangun pagi juga memperkecil peluang terkena risiko penyakit kronis, seperti diabetes.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Massachusetts General Hospital, Amerika Serikat, juga menunjukkan hal yang sama. Dalam penelitian ini, mereka memeriksa genom atau informasi genetik setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan antara waktu bangun pagi berdasarkan gen dan kaitannya dengan kesehatan. Dan hasilnya, ternyata orang yang terbiasa bangun pagi kesehatan mentalnya lebih baik bagi yang bangun lebih siang.

BACA JUGA: Pelaku IKM Alas Kaki Jangan Terlena dengan Usaha di Zona Rawan

Nah, ada lagi! Dari penelitian ini, buat mereka yang terbiasa tidur larut malam ternyata lebih berisiko mengalami depresi dan terkena skizofrenia.

Sementara itu penelitian dari University of Education, Heildeberg, Jerman, pada tahun 2010 mendapati, mereka yang bangun pagi memiliki performa kerja lebih baik, dan lebih proaktif. Penelitian ini menyebutkan bahwa bangun pagi berhasil membuat seseorang lebih fokus, karena bisa meningkatkan konsentrasi.

Selain hal di atas, manfaat lain bangun pagi adalah kalian mempunyai waktu cukup leluasa untuk mempersiapkan segala hal guna memulai aktivitas pada hari, jadi tidak terburu-buru. Selain itu dengan bangun lebih pagi, Kasian masih sempat berolahraga sekira 30 menit, menikmati sarapan dengan santai, atau menyiapkan bekal untuk dibawa ke kantor.

BACA JUGA: Kabupaten Tangerang Juara Umum MTQ ke-19 Propinsi Banten

Manfaat lain, kualitas tidur akan menjadi lebih baik. Karena, bangun pagi dengan segar menjadi indikasi tidur kalian cukup dan berkualitas. Tidur yang nyenyak akan meningkatkan energi dan mengurangi rasa lelah.

Apalagi ya? Ehem, lebih produktif tentunya. Karena, dengan bangun pagi, kalian bisa merencanakan apa yang akan dikerjakan sepanjang hari, menyusun jadwal, dan memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *