Hard NewsUpdate

Top! Pemkab Tangerang Punya Kapal Penangkap Sampah

×

Top! Pemkab Tangerang Punya Kapal Penangkap Sampah

Sebarkan artikel ini
Kapal jenis Interceptor yang diberi nama Neon Moon II, kapal penangkap sampah bantuan kerja sama antara Coldplay dengan The Ocean Cleanup.

JEJAK KATA, Tangerang – Kalau kapal penangkap ikan, itu sudah biasa. Tapi kalau kapal penangkap sampah, itu luar biasa. Karena, sampah merupakan persoalan yang cukup krusial, terutama di daerah perkotaan.

Nah, itulah yang saat ini dirasakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang. Untuk mengurai persoalan sampah yang berada di Sungai Cisadane, kini daerah yang memiliki julukan Kota Seribu Pabrik itu sudah punya kapal penangkap sampah.

Kapal ini adalah kapal jenis Interceptor yang diberi nama Neon Moon II. Pengadaan kapal ini merupakan kerja sama antara Coldplay dengan The Ocean Cleanup.

CEO The Ocean Cleanup, Boyan Slat menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Tangerang menjadi penerima hibah karena berkaitan dengan muara Sungai Cisadane. Alat ini bisa mengurangi sampah khususnya sampah plastik yang masuk ke laut.

“Dari hasil observasi yang kami lakukan, kapasitas sampai di sungai Cisadane sangat besar sehingga kami yakini keberadaan interseptor yang kami buat akan sangat bermanfaat,” jelas Boyan, beberapa waktu lalu.

Biaya pembuatan Neon Moon II yang merupakan generasi ketiga ini mencapai 777.000 dolar AS atau sekitar Rp12 miliar. Salah satu penyukong terbesar pembuatan inverter dengan teknologi terbaru ini berasal dari Band Coldplay.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *