Hard NewsJejak Kata

Hujan Deras Bercampur Butiran Es Terjadi di Curug Parung Bogor

×

Hujan Deras Bercampur Butiran Es Terjadi di Curug Parung Bogor

Sebarkan artikel ini
FOTO: Buturan es yang jatuh bersama air hujan (Istimewa).

JEJAK KATA, Bogor – Hujan deras disertai butiran es terjadi di wilayah Parung, Bogor, Jawa Barat, tepatnya di Curug Parung Bogor, Minggu (09/10/2022).

Doel (48), salah seorang warga yang berjualan baso di sekitar Pasar Jengkol, Curug Parung Bogor, mengungkapkan, hujan sertai butiran es ini terjadi sekitar pukul 16:00 WIB.

Begini Penjelasan BMKG Soal Gempa di Bayah Banten

“Iya, hujan deres banget, terus ada butir-butiran es sebesar batu kerikil,” ujar Doel kepada jejakkata.news.

Ia juga mengatakan, hujan deras disertai butiran es ini juga terjadi di beberapa wilayah sekitar seperti Pamulang, Serpong, BSD dan sekitarnya.

“Hujan campur butiran es ini sekitar jam empatan sampai setengah enam (16:00 WIB s/s 17:30 WIB-red). Enggak cuma di sini, di beberapa tempat seperti Pamulang, Serpong dan BSD City juga sama,” katanya.

Heboh! Gempa di Kabupaten Tangerang Warga Rasakan Bumi Seperti Anjlok

Dilansir dari situs resmi BMKG, potensi cuaca ekstrem sebelumnya untuk periode 02-08 Oktober 2022, dan berdasarkan analisis terkini bahwa kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan kedepan.

Hasil analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan, kemudian aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti MJO (Madden Jullian Oscillation) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin juga secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

Jos Gobyos! Gurih dan Lezatnya Mie Tek Tek Mak Umroh Bikin Tuman

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprediksikan potensi curah hujan dengan intensitas sedang dan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 09-15 Oktober 2022 terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Barat dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *