Jejak KataWisata dan Kuliner

Jos Gobyos! Gurih dan Lezatnya Mie Tek Tek Mak Umroh Bikin Tuman

×

Jos Gobyos! Gurih dan Lezatnya Mie Tek Tek Mak Umroh Bikin Tuman

Sebarkan artikel ini
FOTO: Mie tek tek goreng Mak Umroh yang menggoda

JEJAK KATA, Lampung Tengah – Dimana kita pergi berjalan-jalan, di situ pasti ada sesuatu yang bikin penasaran. Apa itu? Biasanya kuliner. Ya, makanan yang tak biasa ditemukan di sekitar kita, atau yang berbeda dari yang biasa kita dapatkan di tempat kita.

Itu juga yang biasa penulis lakukan ketika ke suatu tempat yang baru, atau pernah disinggahi, penuh kenangan dan kini banyak perubahan.

Apakah Kalian Sering Telat Makan? Perhatikan Hal Berikut Ini!

Ke Desa Mekar Jaya, Kecamatan Bangun Rejo, Lampung Tengah, misalnya. Penulis mencoba menelusuri tempat kuliner yang cukup populer di desa ini, yaitu Kedai Mak Umroh. Tempatnya sederhana, tapi bersih dan nyaman. Buat ngobrol santai sambil melihat kendaraan yang lalu lalang, cocok. Apalagi jika menjelang sore ketika terik sudah mendekati bibir senja, bisa sambil cuci mata.

Gunakan HP dan Cek Namamu! 5 Bansos Ini Cair Oktober 2022!

Ada apa saja di Kedai Mak Umroh? Pecel, baso, mie ayam, mie tek tek (goreng/rebus), karedok, soto, dan aneka minuman serba es. Tetapi yang menarik dan menggoda lidah di Kedai Mak Umroh ini mie tek tek.

Mi tek tek adalah makanan yang berasal dari Purwodadi Jawa Tengah, enggak jauh dari Semarang. Dan, kebetulan Mak Umroh adalah orang asal Semarang yang tentu saja piawai soal olahan mie tek tek ini.

Untuk diketahui, penamaan mi tek tek sendiri terbilang unik. Penamaan ini bermula dari cara si pedagang yang berkeliling sambil membunyikan bambu sebagai tanda bahwa dia sedang lewat. Bambu tersebut menimbukan bunyi tektek. Dengan alasan itu lah yang membuat mie satu ini di disebut mie tek tek. Mie tek tek sendiri biasanya disajikan dengan digoreng maupun dengan kuah, tergantung selera.

Infografis Tutorial Buka Toko Online Pasar Gotong Royong PDIP

Nah, yang unik dari mie tek tek Mak Umroh ini, bahan dasar mie yang digunakan tidak menggunakan mie kering yang dibasahkan, melainkan menggunakan mie basah seperti yang biasa dibuat masakan mie ayam. Sehingga ketika sudah menjadi mie tek tek yang siap santap memiliki teksture yang berbeda. Selain rasanya yang gurih dan lezat, kenyal-kenyal licin mie tek tek Mak Umroh ini bikin tuman.

Rakyat Kudu Tahu! Apa Itu Pemilu dan Seperti Apa Tahapan Pileg/Pilpres 2024?

Apalagi ditambah cabe rawit gelondongan yang masih segar, “Mak kletus, jos gobyos!

Selera mie rebus yang saya santap sore itu, kuahnya benar-benar membuat keringat saya keluar ‘bergobyos-gobyos’. Tak cukup sampai di situ, kuah mie tek-tek dengan porsi jumbo itu sampai kering dari mangkuk.

Berapa harga mie tek tek di Kedai Mak Umroh ini? Tentu saja sesuai dengan isi kantong. Hanya Rp10 ribu/porsi. Dan, tidak ‘baen-baen’, porsi mie tek tek di Kedai Mak Umroh ini dijamin bikin kalian tidak sekadar kenyang, tapi juga tuman. Bagaimana, kalian penasaran?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *