Seni dan HiburanUpdate

Sewindu Dolalak Purworejo NTB Berkiprah di Kota Seribu Pabrik

×

Sewindu Dolalak Purworejo NTB Berkiprah di Kota Seribu Pabrik

Sebarkan artikel ini
Unniversary ke-8 seni Dolalak New Tresno Budoyo di Pantai Tanjung Pasir, Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

JEJAK KATA, Tangerang – Sanggar kesenian Dolalak News Tresno Budoyo (NTB) menggelar family gathering di Pantai Tanjung Pasir, Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Kamis (28/09/23). Kegiatan ini digelar dalam rangka unniversary ke-8 kesenian tradisional asal Purworejo itu berkiprah di Kabupaten Tangerang.

Kiswanto, selalu tokoh kesenian Dolalak dari sanggar New Tresno Budoyo mengungkapkan, sewindu sudah perjalanan kesenian asal Purworejo ini memberikan warna dalam geliat seni tradisional di daerah berjuluk Kota Seribu Pabrik itu.

“Ini adalah unniversary yang ke delapan tahun,” ujar Kiswanto.

Ia juga mengungkapkan, Dolalak merupakan peninggalan pada zaman penjajahan Belanda. Asal kata Dolalak adalah dari not Do dan La karena tarian ini diiringi hanya dengan beberapa alat musik saja.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, tarian Dolalak sekarang sudah diringi dengan musik modern, yaitu keyboard. Lagu-lagu yang dimainkan pun bervariasi dan beragam.

Menurut Kiswanto, berkembangnya kesenian Dolalak di Tangerang ini tak lepas dari peran masyarakat urban asal Kabupaten Purworejo Jawa Tengah yang menggantungkan hidup di Kabupaten Tangerang. Di sela-sela kesibukannya bekerja sebagai buruh pabrik dan aktivitas lainnya, mereka menyempatkan untuk berkesenian, yaitu melestarikan kesenian Dolalak di daerah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *