NEWS UPDATE

Astra Tol Tangerang – Merak melakukan Launching Program Family Garden

×

Astra Tol Tangerang – Merak melakukan Launching Program Family Garden

Sebarkan artikel ini
Astra Tol Tangerang - Merak melakukan launching program family garden.

JEJAK KATA, Serang – Pandemi Covid-19 mulai mereda. Namun demikian perlu upaya untuk kembali memulihkan kondisi perekonomian masyarakat terdampak tak terkecuali di wilayah Banten. Pengangguran dan kemiskinan karena adanya penutupan atau PHK beberapa industri, memaksa masyarakat sekitar tol Tangerang-Merak melakukan pekerjaan apapun untuk bertahan hidup. Termasuk pekerjaan yang beresiko bagi diri dan orang lain. Berdasarkan hal inilah Astra Tol Tangerang – Merak tergerak untuk mengintensifkan program pemberdayaan masyarakat khususnya yang berbatasan langsung dengan jalan tol.

Tabrakan Beruntun di Depan SPBU 34. 15710 Citra Raya Tangerang

Salah satunya adalah program Family Garden. Dalam program family garden ini, dilakukan serah terima bantuan berupa bibit pohon, pupuk serta perangkat pertanian lainnya tersebut, dihadiri oleh Sekretaris Camat Jayanti, Sekretaris Desa Pabuaran, dan dua kelompok penerima program dari warga setempat yang beberapa anggotanya pernah mengadu nasib sebagai pedagang asongan di sekitar jalan tol Tangerang-Merak.

Program Family Garden bertujuan untuk meningkatkan potensi masyarakat dalam bidang ketahanan pangan. Sehingga dapat memberikan alternatif mata pencaharian atau sumber penghidupan bagi masyarakat yang diharapkan dapat bertahan menghadapi permasalahan-permasalahan seperti kenaikan bahan pokok imbas dari kenaikan bahan bakar minyak (BBM) maupun ancaman resesi global.

Sah! Gus Muhaimin Lantik Laskar Santri Indonesia

Untuk menggulirkan program ini Astra Tol Tangerang – Merak bermitra dengan LAZ Harfa (Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa) dan juga Penyuluh dan Pembina dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang. kegiatan pembinaan yang dilakukan ada dua jenis yaitu pendampingan teknis terkait pengelolaan pertanian melalui Demplot (Demonstration Plot) tanaman Hortikultura, serta pendampingan motivasi atau nonteknis berupa pertemuan kelompok secara rutin yang diisi dengan sharing kelompok dan kajian religi oleh tokoh agama setempat secara berkala.

“Besar harapan kami program ini akan berjalan berkesinambungan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Direktur Astra Tol Tangerang-Merak, ujar Adhi Resza.

Jasad Pengendara Motor Terbawa Arus Gorong-gorong Ditemukan di Jakarta

Adhi juga menjelaskan bahwa sebelum program ini (family garden), pihaknya juga sudah melakukan program-program income generating activities (IGA) melalui peningkatan kapasitas UMKM makanan ringan di kampung binaan Kampung Berseri Astra (KBA) Cikuasa, di lingkungan Cikuasa, Kelurahan Gerem, Kota Cilegon, UMKM Jamur dan makanan ringan di KBA Talagasari di Desa Talagasari, Kecamatan Balaraja, Tangerang.

“UMKM adalah salah satu penopang perekonomian, seiring berkembangnya sektor pariwisata di Banten,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *