Seni dan HiburanUpdate

Yuk! Nonton Pagelaran Wayang Kulit di Sanggar Jampi Kangen

×

Yuk! Nonton Pagelaran Wayang Kulit di Sanggar Jampi Kangen

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI Pagelaran Wayang Kulit | Istimewa

JEJAK KATA, Tangerang – Dalam momentum Hari Wayang Nasional yang jatuh pada 7 November 2023 lalu, Sanggar Jampi Kangen yang berlokasi di Kelurahan Bugel, Karawaci, Kota Tangerang bakal menggelar pertunjukan wayang kulit.

Kegiatan yang digelar pada Jumat 17 November 2023 malam, mengambil lakon “Ngamarto Binangun”. Pagelaran wayang kulit semalam suntuk ini menghadirkan 3 orang dalang; yaitu Ki Panji Waluyo AP, Ki Maman Gondo Carito dan Ki Saelan.

Pengasuh Sanggar Jampi Kangen, Ngadino mengungkapkan, Hari Wayang Nasional adalah kesempatan untuk menghormati dan merayakan kekayaan budaya yang telah menjadi bagian integral dari sejarah dan identitas bangsa Indonesia.

“Dalam rangka peringatan Hari Wayang Nasional, dan untuk melestarikan budaya kearifan lokal yang sudah menjadi warisan dunia dan diakui oleh UNESCO,” ujar Ngadino.

Penetapan Hari Wayang Nasional sendiri, menurut Ngadino, didasarkan pada pengakuan UNESCO yang menjadikan wayang sebagai “Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” pada tanggal 7 November 2003, yang kemudian mendapat peringkat lebih lanjut dalam daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO dengan judul “The Wayang puppet theater” pada 4 November 2008.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *