Hard NewsJejak Kata

Ups! Tingkat Polusi Jakarta Nomor Satu di Dunia?

×

Ups! Tingkat Polusi Jakarta Nomor Satu di Dunia?

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi situasi Kota Jakarta.

JEJAK KATA, Jakarta – Indeks Kualitas Udara (AQI) di Jakarta berada di angka 163 atau masuk dalam kategori tidak sehat dengan angka partikel halus (particulate matter/PM) 2.5. Hal ini berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir pada Sabtu (30/09/23) pukul 06.26 WIB.

Situs pemantau kualitas udara dengan waktu terkini tersebut pun mencatatkan Jakarta sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. ejumlah wilayah di Jakarta dengan kualitas udara terburuk, antara lain Kebon Jeruk, Pantai Indah Kapuk, Kalideres, Cilandak Barat dan Pluit.

Kondisi ini menjadikan daerah khusu ibukota ini kembali menduduki posisi pertama sebagai kota besar paling berpolusi di dunia perpagi ini. Kota dengan kualitas udara terburuk berikutnya adalah Doha (Qatar), yaitu dengan indeks kualitas udara di angka 160 dan Delhi (India) di angka 159.

Sistem Informasi Lingkungan dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta juga mencatat bahwa kualitas udara di Jakarta secara keseluruhan berada pada kategori sangat tidak sehat dengan indeks angka 234 dan polusi udara PM2.5.

Dijelaskan, hal ini memiliki tingkat kualitas udara yang dapat merugikan kesehatan pada sejumlah segmen populasi yang terpapar. Pun demikian, indeks standar pencemar udara (ISPU) di Bundaran HI berada pada kategori sedang dengan angka 99.

Kategori sedang berarti kualitas udara tidak berpengaruh pada kesehatan manusia ataupun hewan tetapi berpengaruh pada tumbuhan yang sensitif dan nilai estetika dengan rentang PM2,5 sebesar 51-100. (HP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *