Soft NewsUpdate

Minum Kopi Bisa Cegah Kanker? Baca Ulasan Selengkapnya!

×

Minum Kopi Bisa Cegah Kanker? Baca Ulasan Selengkapnya!

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI | Istimewa

JEJAK KATA, Life Style – Kopi merupakan salah satu hasil pertanian yang banyak tumbuh di Indonesia. Komuditas kopi juga dibudidayakan di lebih dari 50 negara di dunia. Ada dua spesies pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Buah atau biji kopi yang sudah disangrai lalu dihaluskan menjadi salah satu minuman favorit banyak kalangan. Di berbagai daerah di Indonesia, tradisi minum kopi sangat beragam. Di daerah Lasem, misalnya, ada budaya minum kopi nongkrong di warung. Minum kopi di warung ini biasanya sambil membatik batang-batang rokok dengan menggunakan ampas kopi yang baru saja diseduh. Namanya kopi lelet.

Berbeda dengan di Aceh. Budaya minum kopi dilakukan sebelum melakukan aktifitas lainnya. Biasanya, masyarakat di Aceh memulai minum kopi usai menjalani shalat subuh.

Nah, bicara soal minum kopi, selain diyakini bisa melawan rasa kantuk, ternyata meminum minuman yang mengandung kafein ini dengan cara yang baik dan sesuai takaran memiliki manfaat lain yang bagus untuk kesehatan.

Berikut pembahasan mengenai manfaat kopi bagi tubuh yang lebih lengkap pada ulasan di bawah ini.

Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson

Minum kopi dengan baik dan teratur bisa membantu mengurangi risiko penyakit parkinson. Penyakit parkinson adalah gangguan pada sistem saraf yang dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam mengendalikan gerakan dan keseimbangan. Dalam suatu penelitian, ditemukan bahwa mengonsumsi minuman berkafein dapat mengurangi risiko terkena penyakit parkinson. Di samping itu, kopi juga berpotensi membantu pengidap penyakit parkinson mengontrol gerakan secara lebih baik.

Menjaga Kesehatan Otak

Kafein di dalam kopi memberikan berbagai efek positif terhadap otak, di antaranya membantu konsentrasi, meningkatkan kewaspadaan, memperbaiki suasana hati, hingga menurunkan risiko depresi. Jadi, mengonsumsi kopi secara rutin dapat membantu mengurangi penurunan fungsi otak. Bahkan minuman ini juga bermanfaat untuk menurunkan risiko demensia dan alzheimer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *