Banner IDwebhost
Seni dan HiburanUpdate

Geliat Ragam Budaya DKL dalam Perayaan Hari Tari Dunia 2024

×

Geliat Ragam Budaya DKL dalam Perayaan Hari Tari Dunia 2024

Sebarkan artikel ini
Tari Kiprah dari Komunitas Anak Sawah salah satu penampilan dalam peringatan HRD 2024 gelaran DKL.

JEJAK KATA, Bandar Lampung – Komite Tari Dewan Kesenian Lampung (DKL) kembali menaja event bertajuk: “Keberagaman Tradisi dan Benih yang Sama”  di Gedung Pertunjukan DKL, Komplek PKOR Way Halim, Bandarlampung, Minggu 28 hingga Senin 29 April 2024.

Sekretaris Umum DKL Bugus S Pribadi dalam rilisnya mengatakan, gelaran acara ini ditujuan untuk merayakan Hari Tari Dunia  (HTD)yang jatuh setiap 29 April. Komite Trai DKL secara konsisten melaksanakan kegiatan peringatan Hari Tari Dunia sejak tahun 2016 hingga kini.

Divisi Humas Polri Klaim Kasus Judi Online Menurun

”Komitnen DKL ini bertujuan untuk memberikan wadah dan ruang kepada para pelaku tari bukan hanya dari Bandar Lampung tetapi seluruh wilayah di Provinsi Lampung bahkan juga dari luar Provinsi Lampung,” terang Aviep panggilan karib Sekum DKL ini.

Lebih lanjut, Aviep membeberkan, tanggal 29 april ini ditetapkan oleh Komite Tari International Theatre Institut (ITI) Mitra Utama Seni Pertunjukan UNESCO sebagai peringan Hari Tari Dunia atau dikenal dengan sebutan  World Dance Day. Ditetapkannya tanggal 29 April sebagai HTD karena bertepatan dengan hari kelahiran Jean-Georges Noverre sang pencipta ballet modern,” imbuh Aviep.

Sementara itu, Ketua Komite Tari DKL Agus Gunawan ketika dihubungi mengatakan,p eringatan Hari Tari Dunia tahun ini dilaksanakan  selama dua hari berturut-turut yaitu 28 dan 29 April 2024.

Jalan Tol Serang Barat – Cilegon Timur Dilebarkan Menjadi 3 Lajur

Para pesertanya, lanjut. Agus,  berasal dari komunitas atau sanggar tari independen, sanggar tari sekolah, unit kegiatan seni mahasiswa serta seniman-seniman tari dari berbagai penjuru  Provinsi Lampung maupun dari luar Provinsi Lampung.

“Selama dua hari tak kurang sari seribuan penari dengan 90 karya tari akan tampil dalam perhelatan akbar HTD 2024 di Lampung. Membludaknya jumlah peserta ini sebagai bukti penanda antusiasnya masyarakat merespon kegiatan ini.

Agus menambahkan peringatan HTD yang diinisiasi Dewan Kesenian Lampung juga diapresiasioleh tokoh-tokoh kenamaan jagad tari Indonesia bahkan dunia.

Penting! Kemenag Sudah Terbitkan 75.572 Visa Jemaah Haji

Selain itu, lanjut Agus, peringatan Hari Tari Dunia Dewan Kesenian Lampung ini juga diapresiasi oleh beberpaa tokoh tari kenamaan Indonesia bahkan Dunia. Untuk itu Komite Tari DKL menaja kegiatan inikeberlanjutan  karena  menjadi penting untuk diteruskan.

Setiap tahunnya helat HTD DKL memiliki tema yang berbeda-beda ditetapkan berdasarkan hasil riset Komite Tari Dewan Kesenian Lampung terhadap berkembangan Dunia Tari di Lampung setiap tahunnya.

Apresiasi Astra Infra untuk 6.6 Juta Pemudik Musim Lebaran 2024

Untuk tahun ini, imbuh Agus,  temanya :   “Keberagaman Tradisi dari Benih yang Sama”. Tema yang diusung tahun ini merupakn respon Komite Tari DKL terhadap keberagaman budaya di Lampung dan juga bentuk ekspresi tari yang berkembang saat ini.

“Helat peringatan HTD DKL ini juga bertujuan untuk  menjadi ruang ekspresi yang degan konsisten menjaga ekosistem tari di wilayah Propinsi Lampung,” pungkas Agus Gunawan Ketua pelaksana event peringatan HTD DKL 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *