HARD NEWSNEWS UPDATE

Ratusan Warga Banten Operasi Katarak Gratis di Primaya Hospital

×

Ratusan Warga Banten Operasi Katarak Gratis di Primaya Hospital

Sebarkan artikel ini
FOTO: Para peserta operasi katarak gratis di Primaya Hospital Pasar Kemis sedang mengantri.

JEJAK KATA, Tangerang – Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, Kanwil DJP Banten bersama dengan Promaya Hospital menggelar kegiatan bakti sosial “Operasi Katarak Gratis”. Kegiatan digelar di Primaya Hospital Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Sabtu (25/02/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh 169 peserta, dengan usia 23 hingga 88 tahun, yang berdomisili di wilayah Banten. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kanwil DJP Banten, Primaya Hospital Pasar Kemis, PERDAMI dan Himpunan Bersatu Teguh.

“Sebagai rumah sakit yang mengutamakan keselamatan pasien, pastinya kami memberlakukan beberapa tahapan pemeriksaan atau skrining untuk memastikan peserta dalam kondisi yang layak atau tidak beresiko untuk menjalani tindakan operasi. Skrining yang dilakukan antara lain pemeriksaan oleh dokter mata, apabila hasil diagnosa termasuk kategori katarak maka dilanjutkan dengan pemeriksaan tensi darah dan Gula Darah Sewaktu (GDS),” ujar dr. Ida Ayu Purwaningsih selaku Direktur Primaya Hospital Pasar Kemis.

Dari skrining, kata Ayu, dapat dilihat apakah kondisi kesehatan pasien mendukung untuk dilakukan tindakan operasi. Apabila hasilnya baik maka lanjut untuk tindakan operasi, namun jika hasil kurang baik, peserta akan di observasi 30 menit dan diberikan obat-obatan.

“Selanjutnya jika waktu observasi selesai dan hasilnya tidak ada perbaikan maka pasien di pulangkan. Dan pasien yang hasilnya bagus dapat melanjutkan untuk dioperasi,” katanya.

Salah seorang pasien asal Ciledug, Anton, mengucuapkan terimaksih kepada pihak Primaya Hospital serta Kanwil DJP Banten yang menyelenggarakan baksos operasi katarak gratis tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *