Hard NewsJejak Kata

Waspada! Ancaman Penyakit Menular di Musim Hujan

×

Waspada! Ancaman Penyakit Menular di Musim Hujan

Sebarkan artikel ini
FOTO: Banjir di Perumahan Musrika Tigaraksa, Kabupaten Tangerang (Dok. jejakkata.news)

JEJAK KATA, Jakarta – Intensitas hujan yang cukup tinggi dalam beberapa bulan terakhir berpotensi memberikan risiko tinggi di masyarakat. Selain banjir, ancaman lain adalah penyakit menular. Seperti diare, demam berdarah dengue, leptospirosis, Infeksi Saluran Pernapasan Akut, dan penyakit kulit.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Tjandra Yoga Aditama, menjelaskan, ketika hujan menimbulkan banjir, maka sumber-sumber air minum masyarakat, khususnya sumber air minum dari sumur dangkal akan banyak ikut tercemar.

Di sisi lain, akan ada pengungsian saat banjir di mana fasilitas dan sarananya terbatas, termasuk soal ketersediaan air bersih. Keterbatasan air bersih berpotensi menimbulkan penyakit diare disertai penularan yang cepat.

“Dari sudut penyakit menular ada tujuh hal yang harus kita waspadai bersama,” kata Direktur Pascasarjana Universitas YARSI itu dalam siaran resmi, Jumat (07/10/2022).

Untuk melindungi diri dari risiko penyakit diare, dia menganjurkan masyarakat untuk membiasakan cuci tangan dengan sabun setiap akan makan atau minum serta sehabis buang hajat dan membiasakan merebus air minum hingga mendidih setiap hari.

Selain itu, masyarakat diimbau menjaga kebersihan lingkungan, hindari tumpukan sampah di sekitar tempat tinggal, serta tidak lupa menghubungi segera petugas kesehatan terdekat bila ada gejala-gejala diare.

Hal kedua yang harus diwaspadai adalah banyak genangan akibat hujan, membuat nyamuk aedes aegypti yaitu nyamuk penular penyakit demam dengue lebih kondusif untuk berkembang biak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *