NEWS UPDATESOFT NEWS

‘The Cola of Java’ Bumi Peristirahatan Raden Ajeng Kartini

×

‘The Cola of Java’ Bumi Peristirahatan Raden Ajeng Kartini

Sebarkan artikel ini
Buah kawis atau kawista khas daerah Rembang, Jawa Tengah.

JEJAK KATA, Rembang – Kabupaten Rembang, Jawa Tengah dikenal dengan julukan ‘The Cola of Java’. Loh, kok bisa ya? Ya, karena di daerah ini memiliki kekayaan alam dari buah satu pohon yang bisa dibuat minuman dan rasanya mirip dengan cola-cola. Namanya buah kawis atau kawista.

Buah ini bisa diolah menjadi minuman yang dikenal dengan sirup kawista. Sirup kawista itulah yang disebut-sebiut rasanya mirip dengan cola-cola.

Jadi, buah kawis inilah yang menjadi cikal bakal tercetus julukan Rembang sebagai ‘The Cola of Java’. Buah kawis atau kawista memiliki nama latin Limonia Acidissima. Buah ini juga banyak ditemui di Sri Lanka, Myanmar, India, hingga Malaysia.

Selain dijadikan minuman sirup, buah kawis atau kawista ini juga bisa diolah menjadi dodol, yaitu didodol kawis.

Nah, buat kalian yang datang ke daerah Rembang, jangan lupa mencicipi sirup atau dodol kawista ya?

Buah kawis sendiri menjadi salah satu buah kebangaan masyarakat di daerah tempat peristirahatan terakhir Raden Ajeng (RA) Kartini, seorang tokoh perempuan pada penjajahan Kolonial Belanda memperjuangkan emansipasi wanita. melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, RA. Kartini diteapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *