UpdateWisata dan Kuliner

Berburu Kelapa Kopyor di Desa Margamulya Mauk

×

Berburu Kelapa Kopyor di Desa Margamulya Mauk

Sebarkan artikel ini
Buah kelapa koyor (Foto Ist)

JEJAK KATA, Kuliner – Selain kini dikenal dengan destinasi wisata Ketapang Urban Aquaculture, wilayah Kecamatan Mauk juga memiliki hasil bumi kelapa kopyor. Salah satu desa penghasil kelapa kopyor di Kecamatan Mauk ini adalah Desa Margamulya.

Kelapa kopyor sendiri merupakan buah kelapa yang memiliki kelainan genetika. Ciri kelainan genetika kelapa koyor ini adalah pada daging buahnya: yaitu empuk atau terlepas dari tempurungnya, air kelapanya sedikit, serta memiliki aroma yang khas, berbeda dengan daging kelapa normal pada umumnya.

Untuk membedakan kelapa kopyor dengan kelapa biasa, bisa dengan menggoyang-goyangkan buah ke kiri dan ke kanan, dan akan terdengar bunyi seolah buah kelapa tersebut bukan terisi air tetapi terisi pasir. Buah kelapa kopyor ini memiliki rasa yang berbeda dengan kelapa biasa, sehingga keunikan rasa yang khas ini kerap dijadikan minuman yang sangat istimewa.

Ketua Kelompok Tani Jamblang di Desa Margamulya, Osep mengungkapkan, hampir semua masyarakat di desanya itu memiliki batang pohon kelapa kopyor.

Nah, buat kalian yang ingin membedakan batang kelapa kopyor dengan kelapa biasa di Desa Margamulya ini, cukup dengan melihat batang pohonnya. Kalau batang pohon dipasang ranjau pancing atau kawat berduri, ini dipastikan batang pohon kelapa kopyor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *