Soft NewsUpdate

Selain Bijinya Banyak Manfaat, Buah Coklat Bisa Dimakan Langsung dan Rasanya Manis

×

Selain Bijinya Banyak Manfaat, Buah Coklat Bisa Dimakan Langsung dan Rasanya Manis

Sebarkan artikel ini
FOTO: Buah coklat atau kakao yang masih muda menempel pada batang pohonnya.

JEJAK KATA, Lampung Tengah – Hampir semua warga di wilayah Kecamatan Bangun Rejo, Lampung Tengah memiliki pohon buah coklat. Pohon coklat ini ditanam di pekarangan rumah, di ladang, serta sela-sela tanaman perkebunan seperti pohon karet dan lain sebagainya. Tanaman coklat alias kakao adalah tanaman parennial atau tumbuh tahunan yang tingginya bisa mencapai 10 meter.

Buah coklat atau kakao tumbuh langsung dari batangnya, yaitu berasal dari bunga yang berwarna putih kemerahan. Bentuk buah coklat atau kakao lonjong seperti bola rugby, memiliki tekstur kulit bergaris-garis mengkilap. Memang, tidak seperti namanya, coklat, buah ini justru tidak berwarna coklat seluruhnya. Namun, setelah dijemur dan kering, barulah akan berwarna coklat.

Bongkar Mitos serta Manfaat dan Asal-usul Pohon Dewandaru

Nah, bicara soal pohon coklat, atau dalam bahasa ilmiah Theobroma cacao, ternyata tidak hanya bisa diambil bijinya saja, tetapi buah yang terdapat pada bagian yang dan membungkus pada bagian biji coklat ini bisa dimakan. Dengan warnanya yang putih lembut, buah coklat atau kacao ini memiliki rasa yang cukup manis. Sehingga bisa dijadikan cemilan.

Untuk bisa menikmati buah biji coklat yang putih lembut dan manis ini, biasanya jika kulit luar buah ini berwarna kuning atau orange. Itu artinya, buah coklat sudah siap untuk dipanen dan diambil bijinya untuk diolah. Nah, sebelum diolah itulah buah coklat atau kakao yang masih segar ini bisa dimakan.

Top Markotop! Pemkab Tangerang Dapat Penghargaan dari BILA 2022

Kakao atau buah coklat memiliki banyak manfaat, yang diantaranya adalah menurunkan kolesterol jahat (LDL) pada tubuh, karena mengandung flavonoid. Flavonoid ini bersama-sama dengan antioksidan menghentikan oksidasi LDL atau kolesterol jahat sehingga tubuh kita terhindar dari penyakit-penyakit seperti kanker, jantung koroner juga stroke.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *